Telaah Pembelajaran Sosial Emosional bag. 1
Selasa, 17 September 2024
0
komentar
Pembelajaran Sosial Emosional memasuki tema yang kedua dalam Pendidikan Profesi Guru melalui PMM Universitas Kuningan, pertama saya diarahkan untuk mengetahui tujuan pembelajaran PSE:
Kemudian kita disajikan teks artikel:
Lalu setelah membaca artikel kita harus menjawab refleksi berikut:
Jawaban:
1. Teks di atas mendeskripsikan keadaan seorang murid bernama Refaldo, murid sebuah sekolah yang di rumahkan karena Covid-19. Ia sangat kesepian ketika belajar di rumah, tetapi ketika bersekolah ia melihat perundungan dan kemalasan di sekolahnya,
2. Keterampilan mengasah kepekaan seorang guru/murid akan kondisi sosial dan cepat mengambil langkah penyelesaian.
3. Pernah mengalami perlakuan "dipecat dari wali kelas" dan otomatis tidak mengajar sama sekali di sekolah. Saya hanya berfungsi sebagai kesiswaan. Pada saat itu saya tidak menyalahkan siapa pun. Saya tetap melakukan tugas sebaik mungkin, dan alhamdulilah hal itu tidak berpengaruh terhadap sikap saya kepada sekolah. Akhirnya, tahun berikutnya saya dipercaya untuk menjadi wali kelas lagi.
Selanjutnya kita disajikan 2 video mengenai pengenalan Social Emotional Learning, yang mencakup :
1. Mengelola emosi
2. Memiliki empati dan kepedulian
3. Memecahkan masalah.
4. Mengambil keputusan yang bertanggung jawab
5. Menjaga hubungan yang sehat
Murid yang cerdas secara emosional ia akan sukses dalam belajar juga akan sukses di masyarakat.
Selanjutnya di halaman 2 kita diarahkan membaca teks tentang Ochi :
Selanjutnya membaca teks kisah Steve Jobs :
Selanjutnya kita harus menjawab hal berikut:
Jawaban:
1. Ochi anak pendiam di sekolah, Steve Jobs anak yang diadopsi keluarga miskin.
2. Ochi dan Steve Jobs adalah orang yang memiliki kecerdasan emosional yang luar biasa, mereka dapat mengetahui diri sendiri dan dapat memamhami keadaan orang lain, sehingga mereka berhasil membuat hubungan yang baik dengan orang lain juga menciptkan perubahan yang lebih baik.
3. Kemungkinan mereka akan terpuruk dengan masalah bawaan mereka sendiri dan tidak menjadi orang yang berhasil di lingkungannya.
Selanjutnya Fase Raung Kolaborasi :
Selanjutnya kami berdiskusi dengan Kepala Sekolah dan rekan Sejawat tentang hasil riset PSE, berikut panduan diskusi dan foto-foto kegiatan diskusi.
Jawaban:
1. Keterkaitan hasil penelitian satu dengan penelitian lainnya sangat kuat, semakin cerdas emosional guru dan murid semakin kondusif dan berhasil pembelajaran di sebuah satuan pendidikan.
2. Bapak Kepala Sekolah beserta rekan sejawat memandang penting meningkatkan PSE di sekolah kami, kami merencanakan pembiasaan berbasis PSE dengan penerapan nilai-nilai hadis akhlakul karimah di sekolah kami.
3. Peningkatan kemampuan murid dan guru setelah mengikuti intervensi PSE sangat meyakinkan kami untuk menerapkan PSE di lingkungan satuan pendidikan kami.
Rekan sejawat kami meminta penerapan PSE dalam pembiasaan setiap pagi yang telah rutin kami lakukan.
Berikut adalah dokumentasi bersama rekan sejawat dan Kepala Sekolah :
Elaborasi
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul:
Telaah Pembelajaran Sosial Emosional bag. 1
Ditulis oleh agus gunawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke
http://campusseo.blogspot.com/2024/09/telaah-pembelajaran-sosial-emosional.html
. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Ditulis oleh agus gunawan
Rating Blog 5 dari 5
0 komentar :
Posting Komentar