Hasil Telaah Pendidikan Inklusif

Posted by agus gunawan Sabtu, 28 September 2024 0 komentar

 Ini adalah materi terakhir dari PPG guru tertentu 2024, kita disuguhkan video tentang Pendidikan Inklusif, Video ini berisi tentang uraian dan contoh bagaimana sekolah mempraktekkan nilai-niliai pendidikan inklusif melalui penyesuaian kebutuhan peserta didik dan. menghargai keragaman di lingkungan sekolah.

Setelah menonton video selanjutnya saya menjawab pertanyaan refleksi:

Berdasarkan video di atas, mari kita coba menjawab pertanyaan di bawah ini!

1.    Apakah arti Pendidikan untuk semua menurut bapak/ibu guru?

Pendidikan yang memberikan kesempatan terbuka bagi setiap usia sekolah dengan kodrat keragaman yang bisa diakomodir oleh setiap satuan pendidikan.

2.    Bagaimana kita dapat memastikan bahwa setiap anak dimanapun mereka berada akan mendapatkan akses Pendidikan?

Dengan memberikan keahlian kepada setiap guru untuk mengelola sekolah inklusif

3.    Apa tantangan terbesar yang dihadapi dalam mencapai Pendidikan untuk semua?

Keterbatasan guru dan masyarakat mengenai sekolah inklusif, harus disebarkan pemahaman bahwa sekolah inklusif adalah sekolah yang menyesuaiakan kondisi dan kebutuhan murid.

4.    Bagaimana    Pendidikan    dapat    menjadi    kunci   untuk    mengatasi    ketidaksetaraan    di masyarakat?

Pendidikan harus menyentuh semua keragaman kodrat anak usia sekolah, dengan demikian setiap manusia indonesia bisa tercerdaskan.

5.    Ceritakan pengalaman anda saat menemukan kasus anak yang kesulitan untuk mengakses Pendidikan?

Setelah lulus SMA saya menyenyam pendidikan pesantren di Garut, betapa kagetnya saya, ternyata teman sebaya saya hanya dapat mengenyam pendidikan SD. Dengan sukarela saya mempasilitasi teman-teman saya untuk mengikuti program kesataraan paket B di kampung saya (Subang), alhamdulillah sekarang teman saya ada yang jadi PPPK, bahkan ada yang sudah menjadi dosen dan telah menyelesaikan Pendidikan Doktoral, ternyata anak-anak Indonesia kalau diberikan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan mereka akan menjadi orang yang lebih hebat dari keadaan sebelumnya.

 

 

Setelah Bapak/Ibu Guru menjawab pertanyaan tersebut, bagaimanakah perasaan Bapak/Ibu Guru Ketika ada seorang individu yang tidak bisa mendapatkan akses Pendidikan?

Mari kita berpikir sejenak, menarik hati dan pikiran bapak/ibu guru serta mengajak bapak/ibu guru untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan terkait Pendidikan untuk semua. Pendidikan untuk semua adalah semacam panggilan untuk semua orang dimana anak-anak dari berbagai tempat bisa bersama-sama belajar tanpa memperhatikan suku, ras, golongan, agama, sosial, ekonomi, kondisi psikologis, ataupun kondisi disabilitas. Tapi, seperti dalam cerita seru, ada rintangan yang harus diatasi. Bagaimana caranya bisa belajar jika banyak orang yang kesulitan ekonomi? Atau bagaimana caranya kita bercerita jika suara kita tak di dengar di tempat yang terpencil? Tentu saja Bapak/Ibu Guru pernah melewati bagaimana kisah sukses yang membuat semangat dan inspiratif dalam memenuhi kebutuhan Pendidikan untuk semua tapi ada juga kesulitan yang bapak/ibu guru hadapi saat kesulitan mengajak anak untuk mulai bersekolah.

Pendidikan inklusif merupakan pendidikan untuk semua dimana tidak ada diskriminasi dan sangat mengindahkan keragaman yang ada di lingkungan belajar. Membangun pendidikan inklusif maka kita juga akan membangun ekosistem lingkungan yang inklusif dimana seluruh peserta didik, guru, dan stakeholder lainnya dapat menghargai perbedaan individu tanpa memandang perbedaan suku, ras, budaya, agama, golongan, status sosial dan ekonomi.

Kemudian kita disajikan informasi bergambar/ infografis tentang pendidikan inklusi.

Berikut ini adalah alur pendidikan inklufif:


Selanjutnya dijelaskan manajemen pendidikan inklusif dan juga Universal Design fir Learning (UDL).
Eksplorasi Konsep 
Sistem dukung pendidikan inklusif
1. Peran Pemerintah
2. Peran Masyarakat
3. Peran Orang Tua
4. Peran Satuan Pendidikan

Kolaborasi
Demonstrasi Kontekstual
Koneksi Antar Materi
Membuat mind map :
Aksi Nyata

Refleksi










TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Hasil Telaah Pendidikan Inklusif
Ditulis oleh agus gunawan
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://campusseo.blogspot.com/2024/09/hasil-telaah-pendidikan-inklusif.html . Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar :

Posting Komentar

Memoar Kehidupanku support Catatan Perjalananku - Original design by Manggun | Copyright of Belajar SEO .